Minggu, 25 Desember 2011

Cara Membuat Daftar Isi dan Sitemap Blog WordPress

Cara Membuat Daftar Isi dan Sitemap Blog WordPress | kali ini saya kan menjelaskan  Cara Membuat Daftar Isi dan Sitemap Blog WordPress  - Daftar isi blog serupa tapi tidak sama dengan sitemap blog. Daftar Isi Blog ibarat daftar isi sebuah buku yang berfungsi mempermudah pembaca dalam menjelajah blog kita. Daftar isi blog kita biasanya kita tujukan pada pembaca dan pengunjung blog kita sedangkan sitemap blog biasanya ditujukan pada mesin pencari seperti google dalam mempermudah penelusuran dan mengindeks tulisan kita.

Walaupun sitemap bisa kita jadikan daftar isi, namun tampilannya kurang menarik untuk pembaca karena ditujukan untuk mesin pencari. Karena itu daftar Isi sebaiknya kita buatkan halaman khusus di blog kita seperti contoh daftar isi blog ini, sedangkan sitemap cukup kita buat dalam bentuk file yang bisa didaftarkan ke google, yang biasanya berupa file xml yang tersimpan di direktori utama.

Untuk membuat daftar isi dan sitemap bisa kita lakukan dengan mudah dengan bantuan plugin yang disediakan oleh wordpress.org. Sebenarnya 1 plugin dari dagon design saja sudah cukup untuk membuat sitemap dan daftar isi blog sekaligus, namun umumnya yang “all in one” kurang optimal. Karena itu kita perlu 3 plugin yang dengan 3 fungsi berbeda yang masing-masing spesifik. 1 plugin berfungsi khusus untuk membuat sitemap blog, 1 plugin untuk membuat daftar isi blog berdasarkan tanggal atau arsip, dan 1 plugin lagi untuk membuat daftar isi blog berdasarkan kategori.

Cara Membuat Daftar Isi Berdasarkan Kategori

Install Plugin Dagon Design dengan download langsung disini lalu upload dibagian “Plugins – upload“. Atau coba cari plugin Dagon Design di bagian “Plugin – search“.
Setelah selesai instalasi, langsung aktifkan plugin Dagon Design dengan klik “activate plugin” di halaman setelah instalasi, atau di bagian “Plugins – Installed – Dagon Design Sitemap Generator“.
Klik plugin Dagon Design yang sudah terinstall di bagian “Settings – DDSitemapGen“
Lakukan konfigurasi plugin sesuai keinginan lalu klik “Update Option“.
Buat halaman baru dengan nama “Daftar Isi” atau nama lain sesuka kita.
Copy-Paste kode berikut di bagian isi halaman dan yakinkan mode penulisan adalah HTML bukan Visual.

<!-- ddsitemapgen -->

Publish halaman “daftar isi” tersebut dan cek hasilnya. Contoh: daftar isi blog ini berdasarkan kategori.

Cara Membuat Daftar Isi Berdasarkan Tanggal – Arsip

Install Plugin WP-Archives dengan mencari plugin ini di bagian “Plugin – search“.
Setelah selesai instalasi, langsung aktifkan plugin WP-Archives dengan klik “activate plugin” di halaman setelah instalasi, atau di bagian “Plugins – Installed – WP-Archives“.
Buat halaman baru dengan nama “Arsip” atau nama lain sesuka kita.
Copy-Paste kode berikut di bagian isi halaman dan yakinkan mode penulisan adalah HTML bukan Visual.

<!--wp_archives-->

Publish halaman “arsip” tersebut dan cek hasilnya. Contoh: daftar isi blog berdasarkan tanggal atau arsip.

Cara Membuat Site Map Blog

Sitemap blog sebenarnya sudah dibuat juga ketika kita mengaktifkan plugin dagon design, namun pilihannya sangat terbatas sehingga kurang optimal. Banyak plugin lain yang juga bisa membuat sitemap, namun plugin terbaik untuk sitemap adalah “XML-Sitemap Generator For WordPress”.

Install Plugin “Google XML-Sitemaps” dengan mencari plugin ini di bagian “Plugin – search“.
Setelah selesai instalasi, langsung aktifkan plugin “Google XML-Sitemaps” ini dengan klik “activate plugin” di halaman setelah instalasi, atau di bagian “Plugins – Installed – Google XML-Sitemaps“.
Klik plugin “Google XML-sitemaps” yang sudah terinstall di bagian “Settings – XML Sitemap“
Lakukan konfigurasi plugin sesuai keinginan lalu klik “Update Option“.
Plugin ini otomatis mendaftarkan sitemap blog kita ke berbagai mesin pencari, namun untuk lebih meyakinkan kita perlu mendaftarkan sendiri sitemap blog kita di google webmaster.

Cara Mendaftarkan Site Map Blog Di Google

Mendaftarkan Site map blog kita di google bisa dilakukan setelah blog kita terdaftar di google. Untuk itu bisa lihat tulisan sebelumnya mengenai cara mendaftarkan blog kita di google.

Login ke Google Webmaster.
Klik blog yang sitemapnya ingin kita daftarkan.
Di bagian dashboard google webmaster untuk blog tersebut klik “Site Map“.
Di bagian sitemap, klik “submit a sitemap“.
Masukkan nama file sitemap yang telah kita buat (biasanya sitemap.xml) dan klik “submit”
Sitemap kita sudah terdaftar dan kita bisa cek 1 jam kemudian untuk melihat ada tidaknya pesan error untuk sitemap tersebut. dan sekian Cara Membuat Daftar Isi dan Sitemap Blog WordPress

Baca Juga : Cara Mudah Mambuat Daftar ISI Blogspot/Blogger

Sumber : bloggerpemula.info

0 comments:

Posting Komentar