Selasa, 15 Mei 2012

Awas! Banner di Wikipedia Adalah Malware

Malware, virus, spam, dan banyak lagi penyakit internet sekarang berkeliaran bebas di dunia maya. Apabila tidak berhati-hati dalam mengunjungi sebuah situs, maka dapat dipastikan, perangkat Anda adalah sasaran empuk bagi penyakit internet tersebut.

Seperti contohnya yang terjadi di Wikipedia. Apabila Anda sering mengakses situs informasi satu ini, terkadang Anda pasti akan menemui baris iklan yang berada di bagian atas dari tulisan asli dari Wikipedia.

Menurut Ubergizmo.com, ternyata iklan yang nampak di situs pemberi informasi ini adalah sebuah virus. Pihak Wikipedia sendiri menyatakan bahwa mereka tidak pernah memberikan space khusus untuk pemasangan iklan.

Apabila terdapat iklan yang muncul di tampilan Wikipedia, dapat dipastikan iklan tersebut adalah malware yang sedang menyamar sebagai iklan. Menurut Wikipedia sendiri, situs ini tidak membutuhkan sokongan dana dari iklan karena Wikipedia telah mendapatkan pasokan dana tak terbatas dari banyak pihak.

Pihak Wikipedia diwakili oleh Philippe Beaudette mengatakan, "Apabila Anda menemui satu iklan yang terkesan sedang mempublikasikan suatu produk atau apapun, dapat dipastikan bahwa web browser yang Anda pakai sedang terinfeksi oleh malware."

Beaudette menyarankan agar setiap pengguna browser untuk membuang add-ins, melakukan update, dan memeriksa extension browser mereka untuk memastikan bahwa browser yang mereka gunakan tersebut masih dalam keadaan 'sehat.'

"Kita (Wikipedia) memberika pengetahuan dan informasi kepada siapa saja secara gratis." jelas Beaudette. Menurutnya, apabila sang pengguna browser tidak aktif memeriksa browser mereka, maka malware yang ada di dalam browser tersebut dapat masuk ke dalam PC dan menginfeksi operating system perangkat yang digunakan. Wow, mengerikan. Malware dalam bentuk iklan.

0 comments:

Poskan Komentar