Senin, 14 Mei 2012

Pemain Barcelona Borong Penghargaan Individual

Dua pemain Barcelona memborong dua dari tiga penghargaan individual La Liga 2011-12 untuk kategori pencetak gol terbanyak dan kiper terbaik.

Musim ini, Barcelona gagal meraih gelar bergengsi. Setelah tumbang dari Chelsea di Liga Champions, Barca harus menyerahkan trofi La Liga kepada rival terberatnya, Real Madrid. Satu-satunya peluang meraih trofi hiburan adalah pada final Piala Raja melawan Athletic Bilbao, 25 Mei mendatang.

Meski demikian, Barca tetap layak puas dengan performa pemainnya. Messi dengan 50 golnya dalam satu musim kompetisi La Liga mengantarnya menjadi pencetak gol terbanyak dan meraih Trofi Pichichi, meninggalkan penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo, yang ‘hanya’ mengantongi 46 gol.
Messi, yang tampil sebanyak 37 kali di La Liga musim ini, rata-rata mencetak 1,4 gol dalam setiap pertandingan. Sementara Ronaldo mengantongi statistik 1,2 gol setiap laga dengan 38 kali bertanding.
Berada di tempat ketiga adalah penyerang Atletico Madrid, Radhamel Falcao, dengan 24 gol dari 34 laga. Falcao rata-tara mencetak 0,7 gol dalam setiap laga.

Selain memiliki pemain tersubur, ‘Blaugrana’ juga tercatat memiliki penjaga gawang terbaik, dilihat dari koefisien jumlah gol yang mengoyak gawangnya dengan jumlah penampilan.
Valdes hanya kebobolan 28 gol dari 35 laga, mengantongi koefisien 0,80. Berada di tempat kedua adalah Iker Casillas. Kebobolan 31 kali dari 37 laga, kiper Real Madrid mengantongi koefisien 0,84.
Berada di tempat ketiga adalah Thibaut Courtouis dengan koefisien 1,14. Kebobolan 41 gol dari 36 laga.
Pemain Madrid, Mesut Ozil, tercatat sebagai pemain dengan jumlah assist terbanyak, 17 dari 36 laga. Messi berada di tempat kedua dengan 16 assist dari 37 laga. Rekan Ozil, Angel di Maria menciptakan 15 asisst dari 23 kali pertandingan.

Selain menjadi pencetak gol terbanyak di Spanyol, Messi juga berhak meraih trofi Sepatu Emas Eropa sebagai yang tersubur di antara pencetak gol terbanyak liga-liga elit Eropa, disusul Ronaldo dengan 46 golnya. Di tempat ketiga adalah penyerang Liga Primer Inggris, Robin van Persie, yang membela Arsenal.
Lebih hebat lagi, torehan 50 gol Messi memecahkan rekor Sepatu Emas Eropa yang telah bertahan sejak 1977 dengan 47 gol atas nama Dudu Georgescu dari Dynamo Bucharest.

0 comments:

Poskan Komentar