Senin, 05 Desember 2011

Efek Samping Suntik KB 3 Bulan

Efek Samping Suntik KB 3 Bulan | Tips Kesehatan Kali Ini Membahas Efek Samping Suntik KB 3 Bulan, jadi buat wanita yang sekarang sedang memakai Suntik KB 3 Bulan, tidak ada salahnya membaca artikel ini. kb suntik yang sering kali menjadi permasalah wanita dapat memberikan sedikit solusi kepada sobat semuanya yang ingin melaksanakan kontrasepsi keluarga berencana melalui suntik KB. Memang efek samping suntik KB terhadap siklus menstruasi sering tidak menyenangkan Tetapi tidak terlalu berbahaya dan bukan tanda adanya gejala penyakit. Perubahan pola haid biasanya pada tahun pertama pemakaian Kb suntik yaitu:

- Perdarahan bercak (spotting), yang dapat berlangsung cukup lama. dan sering mengganggu
- Jarang terjadi perdarahan yang banyak.
- Sering menjadi penyebab bertambahnya Berat Badan.
- Bisa menyebabkan (tidak pada semua akseptor) terjadinya sakit kepala, nyeri pada payudara, "moodiness", timbul jerawat dan berkurangnya libido seksual.

Sedangkan apabila sudah beberapa kali suntikan ulang seringkali bahkan tidak mengalami menstruasi sama sekali. Hal tersebut adalah efek samping yang normal. Namun untuk tambahan informasi masalah mengenai apakah efek samping suntik putih dapat juga dibaca pada artikel sebelumnya. OK, silakan membaca tanya jawab beberapa permasalahan efek samping suntik kb berikut ini:

Efek Samping KB Suntik, Siklus Haid Kacau:
Tanya: Setelah menggunakan alat KB suntik, apakah normal jika saya mengalami haid tidak teratur? Apakah kekacauan siklus haid dipengaruhi oleh penggunaan alat kontrasepsi ini? Apakah haid akan segera normal setelah berhenti menggunakannya?

Jawab: Salah satu efek samping alat kontrasepsi atau KB suntik adalah gangguan siklus haid. Seperti, menstruasi atau haid tidak teratur atau berhenti sama sekali (amenorhea). Siklus haid akan kembali normal setelah 3 - 6 bulan penggunaan KB suntik dihentikan. Pada beberapa ibu bahkan bisa berlangsung lebih lama lagi. Untuk mengatasi siklus haid tidak teratur, dokter kandungan biasanya akan memberikan pengobatan khusus.

Efek Samping KB Suntik Sehabis Melahirkan Anak Pertama:
Tanya: Sehabis melahirkan anak pertama, tiga bulan kemudian suryani memakai alat kontrasepsi dengan KB Suntik yang 3 bulan, bulan pertama tidak ada flek namun masuk bulan ke 2 terdapat flek hingga bulan ke 3, lalu KB suntik lagi untuk 3 bulan kedua dan dibulan pertama flek tersebut hilang dan bisa mendapatkan mens seperti biasa, namun memasuki lagi bulan ke dua flek tersebut datang lagi hingga menjelang habis masa KB Suntik pada bulan kedua ini, dan sebagai informasi suryani masih menyusui dan produksi ASI tidak terganggu, permasalahannya :
- Apakah ini normal fleknya sangat sering ?
- Kalau ingin KB lagi sebaiknya KB apa ? Atas solusi yang diberikannya, saya ucapkan terima kasih.

Jawab: Memang efek samping KB suntik adalah timbulnya flek-flek yang kadang berkepanjangan. Sebaiknya ganti dengan kontrasepsi IUD ( Tidak mengganggu siklus haid ) bila flek-flek yang dialami sangat mengganggu. Penggunaan Pil Kombinasi kadang dapat mengurangi produksi ASI. (Dr. Wita Saraswati, SpOG).(Artikel Kesehatan)

Efek Samping akibat Suntik KB 3 Bulan | Efek Negatif Suntik KB 3 Bulan | Efek Samping Suntik KB 3 Bulan bagi ibu menyusui

0 comments:

Posting Komentar