Sabtu, 28 April 2012

10 Kebiasaan yang Dapat Merusak otak

otak
Otak merupakan bentuk dari sebuah perangkat yang mengkoordinasi dan mengatur gerakan maupun prilaku yang dilakukan oleh tubuh.Otak manusia memiliki peranan dalam penting terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia.

Namun karna sebuah sebab atau sebuah bentuk dari kelailaian kita sendiri,otak menjadi rentan rusak dan tidak berfungsi normal.Sebelum semuanya terlambat,mari kita ketahui 10 kebiasaan yang dapat merusak otak.

1. Tidak Sarapan Pagi
Orang yang jarang bahkan tidak pernah sarapan di pagi hari akan memiliki tingkat gula yang rendah.Hal yang seperti ini akan menyebabkan kurangnya pasokan nutrisi yang dibutuhkan oleh otak sehingga menyebabkan degenerasi otak.

2. Makan Terlalu Kenyang
Makan yang terlalu banyak sehingga menyebabkan kekenyangan akan menyebabkan pengerasan pembuluh darah pada otak.Akibat dari ini adalah menurunnya kekuata mental
3. Merokok
Selain menyebabkan kanker atau penyakit berbahaya lainnya,merokok juga diyakini dapat menyusutkan otak dan dapat menyebabkan penyakit Alzheimer.
4. Mengkonsumsi Gula Terlalu Tinggi
Mengkonsumsi gula akan menyebabkan gangguan pada penyerapan protein yang dapat menggangu perkembangan pada otak.
5. Polusi Udara
Otak merupakan konsumen oksigen terbesar dalam tubuh kita.Menghirup udara yang berpolusi akan beresiko menurunkan suplai oksigen ke otak,sehingga dapat menurunkan efisiensi otak.
6. Kurang Tidur
Tidur memungkinkan otak kita untuk beristirahat,kurang tidur dalam jangka panjang akan berdampak pada kematian sel-sel otak.
7. Menutup Kepala Saat Tidur
Tidur dengan kepala yang ditutupi akan menigkatkan kosentrasi karbondioksida dan menurunkan kosentrasi oksigen yang berefek pada kerusakan otak.
8. Menggunakan Otak Selama Sakit
Berpikir keras selama dalam kondisi sakit akan berdampak pada kurangnya efektifitas otak dan dapat merusak otak.
9. Kurang Rangsangan Berpikir
Berpikir merupakan cara terbaik untuk melatih otak kita,otak yang kurang mendapatkan stimulasi berpikir akan menyebabkan penyusutan daya otak.
10. Jarang Berbicara
Percakapan yang dilakukan secara intelektual akan membantu mendorong efisiensi otak.Jadi berlatihlah mengemukakan pendapat dalam perdebatan.
 

0 comments:

Poskan Komentar