Selasa, 24 April 2012

4 Tips Memilih Kuliah

4 Tips Memilih Kuliah
Kuliah pada saat ini menjadi salah satu tujuan utama para siswa yang sedang menyelesaikan pendidikan di sekolah menengah atas di Indonesia. Dengan melanjutkan pendidikan di jenjang perguruan tinggi, mereka memiliki banyak harapan untuk bisa mendapatkan bekal yang cukup dalam meraih kehidupan yang lebih baik lagi pada nantinya.
Padahal, pada saat ini untuk bisa menikmati bangku kuliah diperlukan pengorbanan yang sangat besar. Hal ini khususnya menyangkut masalah biaya. Sebab, biaya kuliah yang harus disiapkan sekarang ini sudah cukup besar, baik untuk kuliah di perguruan tinggi negeri maupun di perguruan tinggi swasta.
Tingginya biaya kuliah di perguruan tinggi negeri disebabkan semakin sedikitnya bantuan yang bisa dinikmati dari pemerintah. Akibatnya pengelola kampus tersebut memilih cara dengan membuka beberapa program pendidikan jalur khusus guna memperolah tambahan biaya.
Namun demikian hal ini bukan halangan bagi para siswa di SMA untuk meneruskan minat mereka menempuh kuliah di perguruan tinggi. Sebab, di jaman globalisasi seperti sekarang ini tuntutan di dunia kerja sangatlah ketat. Ijazah di tingkat SMA atau SMK, tidak lagi menjamin seseorang untuk bisa memiliki pekerjaan formal yang menjanjikan.
 
Hal ini terlihat dari berbagai iklan lapangan pekerjaan yang dipasang di media massa. Dimana dalam berbagai iklan menyebutkan, bahwa untuk pekerjaan yang tersedia, dibutuhkan seseorang yang memiliki latar belakang pendidikan di tingkat perguruan tinggi. Baik itu untuk program pendidikan diploma, sarjana bahkan pasca sarjana.
Sangat jarang syarat suatu pekerjaan yang masih tersedia untuk mereka yang berasal dari latar belakang pendidikan di tingkat sekolah menengah. Jika tersedia pun, biasanya hanya untuk jenis pekerjaan yang bersifat kasar dan tidak membutuhkan keahlian khusus.
Misalnya sebagai tenaga pembersih ruangan di kantor, bagian pesuruh lapangan atau juga tenaga yang bersifat teknis. Sedangkan untuk level manajerial dan membutuhkan keahlian khusus, biasanya perusahaan akan memiliki kualifikasi pada personil yang berlatar belakang pendidikan perguruan tinggi.

Di sisi lain, banyak orang yang tertarik untuk menempuh kuliah hanya dengan motivasi tertentu. Seperti untuk mengejar gelar kesarjanaan yang bagi sebagian orang dipandang akan mampu meningkatkan status sosial seseorang di tengah masyarakat. Akibatnya, ada beberapa orang yang memilih lembaga perguruan tinggi bukan berdasar dari kualitas yang dimilikinya. Melainkan mereka memilih sebuah kampus dengan pertimbangan agar cepat lulus dan memiliki gelar sarjana yang menyertai nama mereka.
Akibatnya, banyak terjadi kasus penyalahgunaan di tengah masyarakat. Munculnya beberapa perguruan tinggi yang tidak jelas kualitasnya, sangat diminati oleh sebagian kelompok yang hanya menginginkan gelar tanpa mengutamakan kualitas pendidikannya. Bagi mereka, proses meraih gelar tersebut bukan sebuah masalah utama. Namun, yang lebih penting adalah bahwa mereka bisa mendapatkan gelar kesarjanaan tanpa perlu mengalami kendala sebagaimana jika menempuh pendidikan di perguruan tinggi yang sudah memiliki kualitas.

4 Tips Memilih Kuliah

Memilih jurusan kuliah bukan sebuah hal yang mudah. Sebab, kesalahan dalam memilih jurusan kuliah akan berdampak pada hilangnya kesempatan kita dalam mengoptimalkan potensi yang ada pada diri kita. Selain itu, kesalahan tersebut akan berdampak pada semakin kecilnya peluang bagi kita untuk meraih peluang kesuksesan setelah menyelesaikan pendidikan di bangku kuliah.
Kesuksesan tersebut bukan hanya dimaknai dengan keberhasilan mendapatkan pekerjaan pada suatu instansi tertentu. Namun, keberhasilan disini dimaknai sebagai sebuah kondisi dimana dengan bekal pendidikan yang didapat melalui bangku kuliah, bisa menciptakan kemandirian hidup tanpa perlu tergantung pada orang tua lagi.
Oleh karena itu, dalam memilih jurusan kuliah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Beberapa hal tersebut antara lain :

1.Mengetahui minat serta potensi kemampuan yang ada dalam diri kita.
Dengan mengenal minat serta potensi yang kita miliki, kita bisa memilih jurusan kuliah yang tepat. Sebab, apabila kita berada dalam lingkungan yang selaras dengan bakat yang ada dalam diri kita, akan berdampak pada semakin optimalnya kemampuan tersebut. Selain itu, dengan kuliah pada bidang yang kita kuasai akan menimbulkan sebuah semangat tersendiri bagi kita untuk selalu bisa menjadi yang terbaik selama proses belajar tersebut.
Selain itu, proses adaptasi yang diperlukan dengan kuliah yang sesuai bakat dan minat kita akan lebih cepat daripada jika kita kuliah pada bidang yang tidak dikuasai. Hal ini akan mempengaruhi proses penyerapan materi kuliah yang diberikan oleh para dosen dan juga penguasaan ilmu yang diberikan.
2.Menentukan tempat tujuan kuliah beserta dengan kemampuan finansial yang dimiliki.
Penentuan lokasi kuliah ini merupakan salah satu hal penting. Terutama bagi mereka yang tinggal di kawasan yang tidak terdapat perguruan tinggi. Bagi mereka yang harus kuliah jauh dari tempat asal, perlu mempertimbangkan beberapa aspek tambahan dalam proses belajar di perguruan tinggi tersebut.
Aspek yang dipertimbangkan antara lain masalah transportasi menuju kampus tersebut. Apakah pada nantinya akan ditempuh dengan cara melaju, atau harus tinggal di kota tersebut. Jika harus tinggal di kota dimana kampus tersebut berada, perlu ditambahkan aspek kebutuhan biaya hidup. Antara lain untuk biaya pondokan dan juga biaya sehari-hari seperti untuk makan.
Selain itu, perlu juga dipertimbangkan aspek lingkungan. Hal ini perlu dipertimbangkan karena pada nantinya seseorang yang tinggal jauh dari orang tua akan membutuhkan lingkungan yang baik agar tidak terjerumus dalam pergaulan yang kurang sehat.

3.  Mengetahui gambaran dari perguruan tinggi yang dituju
Dengan mengetahui gambaran dari perguruan tinggi yang hendak dipilih untuk kuliah, kita bisa mengetahui bagaimana proses belajar mengajar yang ada di kampus tersebut. Perguruan tinggi yang baik adalah perguruan tinggi yang mampu menyediakan fasilitas pendidikan secara utuh. Baik dari sisi tenaga pendidik, petugas pendukung pendidikan hingga pada kelengkapan proses pendidikan tersebut.
Selain itu, kita perlu pula mendapatkan informasi mengenai ketersediaan program pendidikan yang ada di kampus tersebut. Suatu perguruan tinggi yang baik, akan menyediakan program pendidikan yang berkesinambungan bagi para mahasiswa dan lulusannya. Misalnya, terdapat program yang berjenjang mulai dari program diploma, sarjana, master hingga doktoral. Dengan demikian, apabila ada lulusan dari perguruan tinggi tersebut yang hendak melanjutkan program pendidikannya tidak perlu lagi mengalami kesulitan.
    
4.  Peluang yang ada setelah lulus kuliah.Perguruan tinggi yang sudah memiliki reputasi bagus, biasanya memiliki jaringan dengan dunia kerja yang luas. Sehingga, biasanya hal ini akan berdampak pada mudahnya para lulusan dari kampus tersebut untuk mendapatkan pekerjaan.
Bahkan, pada belakangan ini sudah banyak perusahaan yang mulai melakukan rekrutmen karyawan perusahaan dengan cara bekerjasama dengan kampus. Mereka akan mencari lulusan dari perguruan tinggi tertentu yang dinilai memiliki kualifikasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Hal ini kiranya perlu menjadi salah satu pertimbangan bagi para calon mahasiswa dalam menentukan pilihan kuliah. Salah satu cara untuk mengetahui kualitas sebuah perguruan tinggi adalah dengan melihat seberapa sering kampus tersebut melakukan kerjasama dengan pihak perusahaan dalam proses perekrutan karyawan bagi perusahaan tersebut. Semakin sering kampus tersebut mengadakan perekrutan, maka hal ini menjadi sebuah indikasi bahwa kampus tersebut memiliki jaringan yang bagus dengan perusahaan.

0 comments:

Poskan Komentar