Senin, 07 Mei 2012

Makanan Yang Perlu Dihindari Pasca Kehamilan

Makanan yang perlu dihindari pasca kehamilan diperlukan agar kesehatan ibu dan bayi tetap terjaga. Sikap hati-hati yang dilakukan oleh seorang ibu untuk menghindari makanan tertentu diharapkan dapat membuat keduanya tetap sehat. Makanan yang perlu dihindari pasca kehamilan ini perlu dilakukan agar zat-zat yang memang tidak dibutuhkan oleh tubuh, atau bahkan berbahaya tidak akan masuk pada peredaran darah. Nah, sebenarnya apa makanan yang perlu dihindari pasca kehamilan?
Makanan yang perlu dihindari pasca kehamilan dapat mencegah sesuatu yang buruk terjadi pada ibu dan bayi, misalnya; daging-daging yang masih mentah dan tidak diolah dengan baik; minum susu yang belum atau tidak di pasteurisasi, makanan yang terindikasi mengandung logam berat berbahaya; telur yang masih mentah, minum kopi dan alkohol; mengkonsumsi buah dan sayur yang tidak dicuci; mengkonsumsi makanan yang mengandung pengawet; kebiasaan merokok dan bergadang; serta mengkonsumsi makanan yang menggunakan gula tambahan atau sintetis. Ada juga makanan yang perlu dihindari pasca kehamilan lain, misalnya makanan yang sudah basi; mengkonsumsi obat-obatan tanpa resep dari dokter; makan makanan yang mengandung vitamin A tinggi; mengkonsumsi makanan cepat saji terlalu sering; memasak dengan tambahan MSG atau monosodium glutamate. Makanan yang perlu dihindari pasca kehamilan itu diindikasikan mengandung banyak bakteri berbahaya, zat pengawet yang tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi, serta zat-zat berbahaya yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan bayi. Oleh karena itu, agar ibu dan bayi tetap sehat, ia harus memperhatikan makanan yang perlu dihindari pasca kehamilan.
Makanan yang perlu dihindari pasca kehamilan diatas patut diperhatikan oleh para ibu muda sehingga kesehatan yang menjadi prioritas ibu dan bayi tetap terjaga. Ketika anda sudah tahu makanan yang perlu dihindari pasca kehamilan, anda dapat mencari makanan pengganti lain yang justru mengandung nutrisi tinggi sehingga ini dapat memberikan gizi yang dibutuhkan oleh ibu dan bayi. Misalnya, anda dapat mengkonsumi susu untuk menguatkan tulang karena susu mengandung kalsium yang tinggi. Selain itu, anda juga dapat mengkonsumsi sayur-sayuran hijau dan buah yang telah di cuci dengan bersih dengan pengolahan yang tepat. Selain itu, kurangilah mengkonsumi gula dan garam yang berlebihan karena ini tidak baik untuk ibu dan bayi. Jadi, makanan yang terlalu manis dan asin pun menjadi makanan yang perlu dihindari pasca kehamilan.

0 comments:

Poskan Komentar