Minggu, 25 Desember 2011

Manfaat & Khasiat Buah Mangga

Manfaat & Khasiat Buah Mangga | tips kesehatan kali ini mengulas  Manfaat & Khasiat Buah Mangga , Mangga selain enak dimakan juga memiliki berjuta manfaat baik itu dalam bentuk buah maupun jus, bahkan yang usianya masih muda juga memiliki khasiat yang bagi. Manfaat yang paling populer dalam persepsi masyarakat tentunya adalah untuk ibu hamil. Tapi apakah itu benar? ataukah ada manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan dengan memakan salah satu buah yang sangat populer di negara Indonesia kita ini. Mari kita bahas!!
Manfaat yang dirasakan orang dalam memakan mangga, mungkin seperti sensasi orang memakan buah sirsak ataupun buah semangka. Sudah rasanya enak kalau mentah-mentah dimakan, namun juga memiliki khasiat yang dapat dirasakan oleh tubuh seorang manusia baik dimakan langsung ataupun harus diolah dulu.
Manfaat & Khasiat Buah Mangga
Dan banyak sekali sekarang kita lihat resep dari obat tradisional yang menggunakan mangga untuk ibu hamil dan sebagainya. Selain itu sekarang kita juga melihat banyak orang memilih mengubah mangga menjadi minuman jus. Pasti rasanya enak banget jika panas-panas minus es jus selain es kelapa muda, selain nikmat dan rasanya menyegarkan rongga mulut. Ditambah mendapatkan manfaat dan khasiat yang luar biasa dari buah ini. Tentunya ini adalah salah satu karunia Tuhan yang diberikan kepada umat manusia.

Baiklah sudah saatnya kita uraikan apa saja manfaat yang bisa didapatkan anak manusia hanya dengan meminum jus mangga ataupun langsung dengan memakan buah nya. Mari kita lihat :

Manfaat dan Khasiat Buah Mangga
1. Manfaat buah mangga untuk terapi Misalnya untuk Pembersih darah, Menurunkan panas badan, dan Menghilangkan bau badan. Mangga dianggap mampu membersihkan aliran darah dan mengurangi kelebihan panas badan. Selain itu mangga juga baik untuk menghilangkan bau badan.
Pengobatan dengan Buah Mangga

2. Mangga mengandung Kalium menurunkan resiko stroke Kalium mempunyai fungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kotraksi otot, dan membantu tekanan darah. Konsumsi kalium yang memadai dapat mengurangi efek natrium dalam meningkatkan tekanan darah, dan secara bebas memberikan kontribusi terhadap penurunan risiko karena stroke. Satu penelitian menunjukkan bahwa bila seseorang menambahkan sepotong buah tinggi kalium ke dalam pola makanan sehari-hari, risiko terkena stroke fatal dapat dikurangi sebesar 40 persen. Konsumsi ekstra kalium sebanyak 400 mg setiap hari dapat mengurangi kemungkinan mendapat penyakit jantung dan pembuluh darah. Kalium terdapat melimpah pada mangga. Tiap 100 gram mangga terkandung kalium sebesar 189 mg. Dengan mengkonsumsi sebuah mangga harumanis ukuran sangat kecil (minimal 250 gram), atau sebuah mangga gedong ukuran sedang (200-250 g), kecukupan kalium sebanyak 400 mg per hari dapat terpenuhi.

3. Bermanfaat untuk menumpas Kanker Para ahli meyakini mangga adalah sumber karotenoid yang disebut beta crytoxanthin, yaitu bahan penumpas kanker yang baik.

4. Baik untuk pencernakan, kesehatan mata, mulut, dan tenggorokan Kandungan asam galat pada mangga sangat baik untuk saluran pencernaan. Sedangkan kandungan riboflavinnya sangat baik untuk kesehatan mata, mulut, dan tenggorokan.

5. Untuk menjaga kesehatan Gigi dan Gusi Di samping berfungsi sebagai antioksidan, vitamin C memiliki fungsi menjaga dan memacu kesehatan pembuluh-pembuluh kapiler, kesehatan gigi dan gusi. Ia membantu penyerapan zat besi dan dapat menghambat produksi natrosamin , satu zat pemicu kanker. Vitamin C mampu pula membuat jaringan penghubung tetap normal dan membantu penyembuhan luka. Kandungan vitamin C mangga cukup layak diperhitungkan. Setiap 100 gram bagian mangga masak yang dapat dimakan memasok vitamin C sebanyak 41 mg, mangga muda bahkan hingga 65 mg. Berarti, dengan mengkonsumsi mangga ranum 150 gram atau mangga golek 200 gram (1/2 buah ukuran kecil), kecukupan vitamin C yang dianjurkan untuk laki-laki dan perempuan dewasa per hari (masing-masing 60 mg) dapat terpenuhi.

6. Khasiat mangga sebagai Antioksidan Tubuh Mangga pun merupakan sumber beta-karoten , kalium, dan vitamin C. Beta-karoten adalah zat yang di dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A (zat gizi yang penting untuk fungsi retina). Beta-karoten (dan vitaminC) juga tergolong antioksidan, senyawa yang dapat memberikan perlindungan terhadap kanker karena dapat menetralkan radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul-molekul tak stabil yang dihasilkan oleh berbagai proses kimia normal tubuh, radiasi matahari atau kosmis, asap rokok, dan pengaruh-pengaruh lingkungan lainnya.

7. Menyembuhkan berbagai macam penyakit
Mangga pun berkhasiat membantu menyembuhkan berbagai penyakit, diantaranya radang kulit, influenza, asma, gangguan pengelihatan, gusi berdarah, radang tenggorokan, radang saluran napas, sesak napas dan borok. Selain itu juga bisa mengatasi bisul, kudis, eksim, perut mulas, diare, mabuk perjalanan, cacingan, kurang nafsu makan, keputihan, gangguan menstruasi, hernia dan rematik.
demikian ulasan mengenai  Manfaat & Khasiat Buah Mangga  sumber : artikel Kesehatan

0 comments:

Posting Komentar