Senin, 12 Maret 2012

Tips Menghilangkan Bekas Luka

Tips Menghilangkan Bekas Luka - Apakah Anda punya bekas luka? Entah bekas luka karena jatuh, kecelakaan, atau luka bakar. Bahkan, luka akibat gigitan serangga yang meninggalkan bekas. Biasanya, para perempuan akan mencari berbagai tips menghilangkan bekas luka ini karena bekas luka itu akan membuat kulit tidak sedap dipandang mata.
Berbagai artikel tentang tips menghilangkan bekas luka pun sudah banyak ditemukan di berbagai media. Jika Anda ingin mencoba, tidak ada salahnya. Namun, tetaplah selektif dalam memilih tips menghilangkan bekas luka agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit.

Menghilangkan Bekas Luka Bakar
Mungkin Anda pernah mengalami luka bakar akibat terkena kompor, tertumpah minyak goreng, tersenggol wajan panas di atas kompor, atau luka bakar lain yang ringan. Sebenarnya, jika Anda menangani luka bakar tersebut sejak awal dengan benar, bekas luka yang ditimbulkan dapat diminimalkan.
Begitu mengalami luka bakar, langsunglah rendam luka tersebut dengan air bersuhu normal untuk menghilangkan suhu panas di area luka. Setelah suhu di area luka mendingin, langsung oleskan salep khusus luka bakar yang bisa di beli di apotek.
Jika di rumah tidak memiliki persediaan salep, pertolongan pertama yang dapat dilakukan adalah mengolesi luka tersebut dengan pasta gigi. Pasta gigi yang mengandung mint akan mendinginkan rasa panas pada luka. Setelah itu, segeralah beli salep luka bakar dan oleskan pada luka agar luka tidak menimbulkan bekas.

Menghilangkan Bekas Luka yang Sudah Lama
Jika luka lama masih menimbulkan bekas, berikut ini beberapa tips menghilangkan bekas luka yang sudah menutup dan kering.
1. Air Kayu Api
Di beberapa daerah, ada yang menggunakan air dari kayu yang dibakar untuk menghilangkan bekas luka. Kayu bakar tersebut dibakar dengan api dan akan mengeluarkan air. Teteskanlah air tersebut ke bekas luka. Lakukan berulang-ulang, niscaya bekas luka tersebut akan menghilang.
2. Minyak Biawak

Di daerah Kalimantan, masih banyak penduduk yang menggunakan minyak biawak sebagai obat penghilang bekas luka. Begitu luka mengering, langsung oleskan minyak biawak di area bekas luka tersebut.
Untuk menghilangkan bau minyak biawak yang sangat menyengat, gunakan pasta gigi yang dioleskan dibagian atas luka setelah pengolesan minyak biawak tersebut. Minyak biawak bisa didapatkan dengan mudah di penjual-penjual minyak biawak di pinggir-pinggir jalan kota Banjarmasin.
3. Bawang Putih
Bawang putih mengandung antibiotik alami yang bisa membantu menghilangkan bekas luka pada kulit. Caranya, dengan menggosokkan bawang putih yang telah dikupas pada area bekas luka dua kali sehari setelah mandi. Lakukan berulang-ulang hingga bekas luka menipis dan menghilang.

4. Pare
Tumbuklah buah pare dan ambillah sarinya.Campur sari dari parutan pare tadi dengan tepung beras sehingga berbentuk seperti pasta. Oleskan pasta ini pada bekas luka yang telah dibersihkan dengan air hangat. Lakukan pengolesan secara teratur sampai bekas luka hilang.
5. Telur
Bagian telur yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka adalah putih telur. Pisahkanlah putih telur dari kuningnya. Campur putih telur tersebut dengan madu lalu oleskan pada bekas luka.

6. Daun Kapuk Randu
Tahu daun kapuk randu, kan? Daun kapuk randu juga berkhasiat menghilangkan bekas luka. Caranya, cuci daun kapuk randu dengan air hangat bersih. Tumbuklah daun kapuk randu ini sampai halus, kemudian oleskan pada bagian bekas luka.

Untuk kulit sensitif, biasanya akan menimbulkan gatal. Jika muncul rasa gatal, segera hentikan pemakaian daun kapuk randu ini dan cobalah tips lain menggunakan bahan yang tidak menimbulkan alergi di kulit Anda.

Semoga Tips Menghilangkan Bekas Luka yang Ada Blog share ini bermanfaat ya .

0 comments:

Posting Komentar